Tips dan Trick Menjadi MC Handal Ala MC Kece Badai Silvadiah Suci Utami



         Menjadi seorang Master of Ceremony atau MC adalah pekerjaan yang susah susah gampang. Semua itu tergantung niat, usaha dan keseriusan kita dalam menekuninya. Tapi biar bagaimanapun, tidak ada satu hal pun yang tidak dapat kita pelajari. Belajar dan melakukan kesalahan adalah proses yang wajib dialami sebelum menjadi seeseorang yang berpengalaman dalam suatu bidang tertentu, khususnya MC.           




Untuk itu, Silva Utami sebagai seorang MC yang sudah memiliki jam terbang yang terbilang cukup tinggi memiliki beberapa tips berikut ini untuk menjadi seorang MC :



1.     Percaya Kepada Diri Sendiri
Ketika kita bisa percaya pada diri sendiri. Maka disitulah letak kemampuan yang sesungguhnya. Ketika seseorang tidak memiliki dasar untuk menjadi MC namun ia memang ingin belajar, maka itu pasti bisa.

2.     Harus Menguasai Acara
Seorang MC adalah poin dan sutradara dalam suatu event. Maka dari itu MC harus mengetahui secara detail acara apakah itu, mempelajari lebih dalam tentang acara tersebut.

3.     Mengenal Audience Acara
Sebagai seorang MC harus menguasai siapa saja yang menjadi hadirin dalam acara yang dibawakan. Jangan sampai ada hadirin yang terlewatkan dalam pemberian hormat dan rangkaian acara lainnya. Selain itu, mengetahui audience juga dapat memudahkan MC untuk memilih tata bahasa yang akan digunakan.

4.     Penggunaan Bahasa
Menjadi seorang MC maka kerap dihadapkan dalam 2 jenis acara. Yang pertama adalah acara formal. Selanjutnya acara nonformal. Dalam acara formal maka MC dituntut untuk menggunakan tata bahasa yang baik dan intelek, sedangkan di acara – acara nonformal  bisa meggunakan bahasa yang lebih santai dan sehari – hari.

5.     Good Looking
Penampilan adalah hal terpenting dalam menjadi seorang MC. Menjadi MC tidak harus cantik dan tampan namun harus rapi dan eye catching. Hal ini penting karena seitap orang memiliki 4 menit pertama untuk menilai “first impression” dari orang lain, dalam hal ini juga berlaku untuk MC. Sehingga ketika 4 menit pertama disuguhkan dengan penampilan yang baik maka besar kemungkinan audiens akan menaruh perhatian terus pada MC dan acara yang dibawakan.

Nah, itu tadi 5 tips menjadi MC handal ala Silva Utami. Intinya, belajar dan terus belajar. Jangan takut berbuat kesalahan dan pastikan untuk selalu mencoba.

Komentar

Postingan Populer