MENGEMBANGKAN MERK PRODUK JASA
Oleh
:
RIZKI MITRA HAMDANI
130904029
DEPARTEMEN ILMU
KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL
DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SUMATERA
UTARA
MEDAN
2016
MEGEMBANGKAN MERK PRODUK JASA
MERK
KIMIT PRODUCTION
TAGLINE :
“SIMPLE
IS THE BEST”
LATAR
BELAKANG
Perusahaan ini bergerak di bidang jasa dikelola oleh
sekelompok anak muda penuh gairah fotografer, videografer, desainer, editor,
dan penata – bekerja sama untuk menciptakan karya yang indah. Kimit rumah
produksi inspirasi yang di nyalakan oleh gairah, didorong oleh tawa, ditantang
oleh kreativitas. Bagaimana kami membuat sebuah momen yang membuat semua penuh
kebahagiaan. Inilah rumah kami.
Kami sedang jatuh cinta dengan sebuah moment kepada
klien dengan saling berhubungan konstan dalam kehidupan. Kami mencintai
warna-warna berani, kreativitas, produktif dalam bidang seni, dan membuat
orang-orang bahagia. Dan dengan tim ini kami menemukan keluarga baru yang
menuju profesionali yang menyentuh kehidupan kita secara pribadi. Dimana mendorong
motivasi bermitra dengan klien yang menghasilkan dokumentasi penuh inspirasi
dan kebahagian dalam diri. Rumah kami sederhana yang selalu memberikan hasil
terbaik seperti merasa di rumah sendiri. “Simple
is the best”
IDENTITAS
Nama KIMIT adalah singkatan dari nama Foundernya, Rizki Mitra Hamdani. Ia
mulai memproduksi sebuah hasil karya dokumentasi foto dan video sejak 15 Mei
2015 bertepatan di hari ulang tahunnya. Dengan dibantu oleh saudara dan
teman-temannya ia berkomitmen dimasa yang akan datang dapat bekerja sama dengan
sebuah lembaga Production House pembuatan
film atau iklan di Indonesia. Dengan Tagline
“Simple Is The Best” (yang sederhana itu yang terbaik). Kimit Production
akan memberikan yang terbaik dengan client
dengan keserdehanaan yang dimiliki olehnya.
PENERAPAN
IDENTITAS
Sebuah identitas ditampilkan dengan
kosisten akan memberikan gambaran pada publik bahwa entitas tersebut
konsenkuensi dan profesional. Penerapan identitas pada berbagai media
didasarkan pada faktornya. Media media apa saja yang dibutuhkan, sangat
tergantung dari bidang usahanya. Dalam merek ini KIMIT Production menggunakan berbagai media, (cetak,
elektronik,dan online) diantaranya :
·
Membuat
buku kecil sebagai pedoman atau profil perusahaan dikenal dengan Booklet
·
Administratif
seperti : Kartu nama, kertas surat, amplop, kwitansi, Notepad’s/ Memo’s, Binder , Label atau Stikerdan Tanda Pengenal (Name
tage)
·
Marketing
dalam bentuk : company profile ,
brosur, e-mail, katalog produk, poster, banner, iklan koran,
Iklan TV, radio, slide presentasi, video
presentasi.
·
Website
: Internet, Intranet, dan Extranet
·
Human
& Internal : Newsletter, News Release, dsb.
MAKNA
LOGO
Makna Logo KIMIT Production menggunakan letter mark/typographic logo (elemen
tulisan). KIMIT Production memiliki nama yg sudah baik, unik, dan berbeda. Ingin
membuat orang lebih Fokus pada namanya saja. Logo ini nantinya akan bergerak di
bidang jasa (Dokumentasi Foto, Video, dan memiliki rumah produksi entertaiment)
·
Logo menggunakan Tulisan “Font Normal”
ysng mudah dibaca dan sederhana.
·
Warna Biru : Produktif, harmoni, damai, percaya,
bersih, bijaksana dan kuat dalam mengembagkan produk
·
Makna Warna Orange : keseimbangan,
antusiasme, dan kesenangan
·
Logogram “M” pada Kimit menandakan menjalin
kemitraan dalam sebuah perusahaan lainnya (menyerupai orang sedang bersalaman)
·
Picture mark Titik[.] menggambarkan Objek
ilustrasi dua pemimpin yang sedang
bersalaman menjalin kerjasama dengan siapa saja.
SEGMENTASI
DAN PRIORITAS KHALAYAK DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK
Dalam mengembangkan produk, KIMIT
Production melakukan Segmentasi kepada Klien dengan dibagi 3 segmentasi yakni :
Segmentasi
primer : Mencakup
wilayah yang ditujukan kepada Masyarakat segala umur, dari masyarakat muda
sampai tua, baik dalam acara dokumentasi pernikahan, ulang tahun, seminar,
mengadakan pertunjukan seni
Segmentasi
sekunder : Pasar
utama di Kota Medan dengan kontribusi 80 % untuk masyarakat Medan.
Yang dibagi menjadi 21
Kecamatan,
yakni Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Amplas,
Medan Denai, Medan Area, Medan Kota, Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Baru,
Medan Selayang, Medan Sunggal, Medan Helvetia,
Medan Petisah, Medan Barat, Medan Timur, Medan Perjuangan, Medan
Tembung, Medan Deli, Medan Labuhan, Medan Marelan, Medan Belawan. Selebihnya
20% mengembangkan Produk 5 kota besar di luar Kota Medan.
Segmentasi
tersier : Seluruh
Wilayah Kota Medan
Pembuat
Kebijakan :
Dokumentasi menempati di tengah-tengah bagi majunya
suatu peradaban dan suatu wilayah. Dokumentasi bisa dilakukan oleh individu,
organisasi, maupun negara.Melakukan dokumentasi semata tidak lantas membuat
sebuah wilayah dan bangsa menjadi maju peradabannya. Dokumentasi harus diikuti
oleh langkah selanjutnya, yaitu membaca, melihat, memaknai, dan menciptakan
karya baru dalam bentuk foto dan video.
Secara
demografis
dari
khalayak sasaran : Jenis kelamin : wanita
Usia : 05-40 thn
Pendapatan pribadi :
-
Pendapat rumah tangga : Golongan A, B, dan C
Pekerjaan : Umum (generalisasi)
Pendidikan : -
Turunan/suku : Semua Suku
KEUNGGULAN
JASA, WAKTU DAN JENIS KAMPANYE
/ PERIODE BERIKLAN
Memperkenalkan
materi baru dan mempertahankan keberadaannya sepanjang tahun
Biaya
mulai harga dari Rp. 350.000,00 – 15.000.000,00
lebih terjangkau dibanding kompetitor lainnya.
Perpusat
di Kota Medan dan akan berencana membuka cabang 5 Ibukota besar di Indonesia
Mengadakan
Workshop Videografi dan Fotografi 3 bulan sekali di Kota Medan dan tersebar sepanjang tahun
Mengadakan
Kompetisi Perlombaan Film Nasional mencakup peserta di Indonesia khususnya
Menerima acara kecil sampai acara resmi
dan besar untuk didokumentasikan
Juga
menyediakan kelas khusus akan cinta nya dunia seni videografi maupun fotografi
bagi segala kalangan umur secara intensif.
PERINCIAN
BIAYA
Dalam mengembangkan produk jasa,
KIMIT Production melakukan penawaran harga kepada klien dengan 4 kategori sebagai berikuti :
NO.
|
KATEGORI
|
BIAYA
|
1.
|
Acara
dokumentasi bayi (Nabalan, khitanan,dsb)
|
Rp. 400.000 – Rp. 1.500.000
|
2.
|
Acara
Keluarga
|
Rp. 600.000 – Rp. 3.500.000
|
3.
|
Acara
Perayaan Hari Ulang Tahun
|
Rp.
500.000 – Rp. 2.000.000
|
4.
|
Dokumentasi
Video Kreatif Stop Motion
|
Rp. 200.000 – Rp. 2.500.000
|
5.
|
Dokumentasi
Pre Wedding
|
Rp.
1.000.000 – Rp. 10.000.000
|
*Dalam
hari besar dan hari ulang tahun harga dapat turun dan berubah sewaktu-waktu
PENERAPAN
DALAM STRATEGY (MEDIA BRIEF)
A. SOFT SELLING STRATEGY
· Upaya peningkatan penjualan dengan
bentuk-bentuk penyampai pesan-pesan yang emosial. KIMIT Production membuat
strategi menciptakan respon berdasarkan pada perilaku, mood, impian, perasaan dan daya tarik emosional. Seperti
mempersantekan dalam bentuk Advertising/advertorial.
·
Membuat Media Sosial dengan mengikuti perkembangan
zaman modern. Media sosial yang dimaksud
ialah Instagram, Line, Whatsapp,
BBM (Blacberry Massager, Blogger, Website, maupun Facebook)
· Menulis Advertorial di berbagai media,
yakni media cetak : Koran dan majalah, spanduk/baliho yang memberikan pesan
menarik dan menjadi pusat perhatian masyarakat.
·
Membuat
iklan TV dan iklan Radio, yang tujuannya mengingatkan dan memperkenalkan akan
produk jasa dokumentasi KIMIT Production. Sehingga pesan yang disampaikan
diharapkan dapat menyentuh emosional pemirsa yang gilirannya akan berdampak
pada pembelian.
·
Membuat
flyer, memasang baliho di tempat umum stategi selanjutnya yang dilakukan KIMIT
Production guna menarik perhatian banyak orang.
B. HARD SELLING STRATEGY
· SALES PROMOTION
Untuk
lebih menarik perhatian minat konsumen untuk menerima produk jasa KIMIT
Production memberikan sales promotion. Sales
promotion jika dalam periode selama 1 tahun saat ulang tahun Kimit
Production memberikan diskon harga 50 % dari harga sebelumnya. Ditambah klien dibebaskan membuat konsep sendiri
, selain itu gratis mengikuti Workshop Pelatihan
Videographer Fotographer yang
diadakan KIMIT Production.
·
PERSONAL
SELLING
Personal
Selling merupakan bagian dari kegiatan promosi dengan cara memperkenalkan dan
manarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan secara bertatap muka. Tidak hanya dipromosikan diberbagai
media sosial. Namun KIMIT Production juga dipasarkan secara personal selling. Bentuk personal selling yang dilakukan ialah
membuka pelatihan belajar fotografi dan videogafi, bazar dibidang seni perfilman.
Mengadakan ajang kompetisi akan cinta terhadap dunia fotogafi maupun videogafi,
sehingga menarik perhatian kepada masyarakat guna mengembangkan perusahaan jasa
KIMIT Production
C. PUBLISITAS
Membuat
citra yang baik dari produk sehingga produk mendapatkan Brand Image yang baik di masyarakat ataupun konsumen serta terus berinovasi dalam meluncurkan
produk-produk karya menggugah konsuen untuk enerima jasa kami sesuai trend yang
sedang berlangsung agar tidak ketinggalan zaman, tetapi tetap mengangkat ciri
khas produk yang bertemakan “ INDONESIA”. Serta berkaitan dengan tagline
perushaan “Simple is the best”.
D. INTERNET
Internet
merupakan bentuk strategi promosi yang efektif , karna internet dapat diakses
dengan mudah. Internet juga dapat membantu penjualan produk dengan mudah dengan cara :
a. Membuat
akun Media Social , seperti Instagram,
Website, Facebook dan Line untuk menyampaikan informasi kepada
konsumen tentang produk tanpa mengharuskan konsumen datang langsung ke
perusahaan Kimit Production
b. Melakukan
Endorsment atau Testimonial dari para konsumen yang sudah menggunakan produk jasa
kami dan juga sebagai bahan perbandingan kepuasan karya kami dengan hasil
karyaa lainnya,sehingga calon konsumen memutuskan untuk menerima kami sebagai
konsumen mereka.
E. BILLBOARD
Bilboard akan dipasang
di Jln. Jamin Ginting sp. Selayang, Jln. Mongonsidi, serta Jln. Iskandar Muda.
Sesuai dengan segmentasi perusahaan Kimit Production yaitu mulai dari anak
remaja, dewasa dan sebagainya.
F. RADIO
Iklan diradio serta
melakukan talkshow dengan beberapa radio,seperti VISIfm, Star FM, Sonya Radio,
iradio ataupun radio-radio yang ada dikota medan yang memiliki pendengar yg
banyak.
Ini salah satu contoh
script yang sudah dibuat oleh Kimit Production :
Naskah Dialog
Cewek : duuh, bentar lagi adik aku mau ulang tahun ke
17 tahun, , bingung nih mau buat acara apa, mau mencari moment yang bagus nih .
Cowok : gak usah bingung, aku ada teman nih yang bisa
mengabadikan acara adik kamu biar seru dan hasil dokumentasinya bagus.
Cewek : emang masih ada yang begituan ?
Cowok : ya ada lah, dia terkenal juga looh di medan,
KIMIT Production namanya, ahli di bidang nya dokumentasi foto dan video. Dari
kita konsepnya dan dari mereka juga bisaa.
Cewek : oh iyaa,. Yang bener niih ?
Cowok : iya.. bener. KIMIT Production dikelolah
sekelompok anak muda tuuh, yang
suka fotografer, videografer, desainer,
dan editor. Meskipun mereka terbilang masih muda, karya-karya dokumentasinya
dikenal seluruh medan looh.
Cewek : kalau begitu aku mau dong didokumentasi oleh
mereka.
Cowok : Alamatnya gak jauh juga kok. Rumah produksi
mereka di Jln. Abdul Hakim Blok
B-9. Medan Selayang, Sumatera Utara
Cewek : kalau begitu kita kesana langsung yuuk..
(Sound Effect)
Narator
: Perusahaan Jasa KIMIT Production // dikelolah oleh sekelompok anak muda /
yang
penuh gairah dalam bidang fotografer, /
videografer,/ desainer,. editor, dan penata kerja lainnya. / untuk menciptakan
karya yang indah. / Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun / dan didukung oleh
tenaga muda energik, / profesional / dan segudang prestasi, / selalu
meningkatkan pelayanan terhadap klien // menjadi sebuah dokumentasi yang selalu
diingat setiap saat. /// KIMIT Production // Simple Is The Best /
Sinopsis
:
Iklan ini memiliki keunggulan di bidang perusaahan
jasa dokumentasi baik foto, video, desain grafis, maupun kerja dibagian editor
lainnya. KIMIT Production sedang booming di pasaran kareana hasil dokumentasi
baik dari tanggapan masyarakat dan menarik untuk dilihat. Lebih lagi sekelompok
anak muda yang energik, cekatan, kreatif dalam menjalankan tugasnya. Maka dari
itu KIMIT Production membuat Program Iklan ini karena sedang hangat dibicarakan
masyarakat.
G. PERTIMBANGAN / BATASAN LAINNYA
Kimit
Production membuat perencanaan / batasan dalam produk agaar nantinya dapat
meringankan masalah jika terjadi sesuatu. Yakni sebagai berikut:
Perbandingan
produk Jasa dokuemantasi merek Jandwee Studio & Kimit Production adalah 1.2 berbanding 1.0
Dalam
pasar Perusahaan Jasa Dokumentasi ada 5 termasuk pendatang baru sebanyak 3
perusahaan yakni : Danang Photographer dan Sofsau Studio
Menurut
data riset, tingkat perkembangan pelayanan jasa dokumentasi acara atau lainnya
mencapai 90 % dan untuk pelayanan jasa sendiri mencapai 10 % pertumbuhan. Ini
memungkinkan dalam penyediaan pelayanan jasa cukup besar.
KESESUAIAN
MEDIA/SALURAN KOMUNIKASI
TAHAPAN
PERILAKU KELOMPOK KHALAYAK SASARAN
1.
Komunikasi
Antar Pribadi (Interpersonal),
seperti kunjungan ke berbagai komunitas pecinta seni, komunitas film, komunitas
Fotografi, ataupun ke universitas maupun perusaahaan.
2.
Komunikasi
Kelompok, seperti diadakan workshop, festival, pelatihan, diskusi kelompok,
pameran, dan rangkaian lomba-lomba berhubungan dengan dunia seni terkhusus
videografi dan fotografi.
3.
Media
Massa (Poster, Majalah, Baliho/Spanduk, Kalender, Cinderamata, Video Company,
pamflet, dan lain-lain)
Berikut upaya yang dilakukan KIMIT Production dalam mengembangkan usaha :
|
KAREKTERISTIK
PERENCANAAN MEDIA UNTUK PROGRAM KOMUNIKASI
Media/Saluran
|
Kemampuan Utama
|
Kekurangan Utama
|
Workshop
(Pelatihan Videografi dan Fotografi)
|
·
Mudah untuk diselenggarakan.
·
Menjangkau banyak Orang.
·
Pembicara bisa lebih dari satu orang.
·
Menciptakan minat dan kesadaran
publik.
·
Menambah Jaringan kerjasama kepada
Media
·
Lebih efektif.
|
· Kahalayak biasanya bersifat Pasif
· MC yang tidak kompeten.
· Audiens pasif
|
Media/Saluran
|
Kemampuan
Utama
|
Kekurangan
Utama
|
Media
Cetak (Poster, majalah, stiker, dll)
|
·
Bagus
untuk menyajikan informasi teknis secara mendalam.
·
Menjadi
referensi yang mudah.
·
Dapat
ditujukan khusus untuk khalayak tertentu.
·
Dapat
berilustrasi dan menarik perhatian.
|
· Biayanya Mahal.
· Hanya Efektif jika di desain dan diproduksi
dengan baik.
· Menuntut banyak keterampilan.
|
Media/Saluran
|
Kemampuan
Utama
|
Kekurangan
Utama
|
Mengadakan
Perlombaan-perlombaan Video dan Fotografi
|
·
Bagus
dalam penyajian informasi melalu perlombaan
·
Meningkatkan
kreatifitas tiap individual
·
Dapat
ditujukan khusus untuk khalayak orang banyak
·
Dapat
berilustrasi & menarik perhatian.
|
· Biayanya Mahal.
· Hanya Efektif jika di desain dan
diproduksi dengan baik.
· Properti Bahab tidak mudah dicari
· Menuntut banyak keterampilan dan
Softskill.
|
Media/Saluran
|
Kemampuan Utama
|
Kekurangan Utama
|
Televisi dan Radio
|
· Menarik perhatian dan bisa menjadi pemikat
utama untuk masyarakat.
· Dapat digunakan untuk menjelaskan
pesan-pesan yang rumit.
· Sesuai untuk motivasi dengan memanfaatkan
seni.
|
· Biayanya operasionalnya mahal.
· Khalayak tidak berpartisipasi (beda
dengan pertemuan langsung.
· Menuntut persiapan yang lebih, dan
keterampilan teknis, kreatif daripada media lain.
|
Tabel. 1 Karakteristik
Media Untuk Program Komunikasi dalam memasarkan produk Jasa Kimit
Production
Dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan Perencanaan
Media merupakan istilah dunia Pemasaran
marketing dan periklanan. Perencana
media mengidentifikasi siapa target konsumen suatu produk. Target audience
merupakan siapa yang mau kita ajak komunikasi sesuai dengan tujuan
periklanan. Selain menentukan media yang
tepat, maka kita juga harus mempertimbangkan khalayak sasaran yang ingin
dijangkau. Mengingat pada kenyataannya
tidak semua orang menginginkan apa yang mereka jual, maka perusahaan-perusahaan
bisnis biasanya menentukan segmen khalayak yang paling mungkin tertarik dengan
jasa atau produk yang mereka iklankan. Konsep penting yang pertama-tama harus dipahami adalah
konsep demografi dan segmentasi pasar.
Tugas perencana media adalah memilih kendaraan media
dan menentukan pasar dengan konsumen yang memiliki sifat atau karakteristik
paling sesuai dengan konsumen sasaran.
Semakin besar persamaannya maka akan semakin baik. Dalam hal ini harus diperhatikan bagaimana
audiens suatu media berbeda dengan populasi umum lainnya. Saya membuat sedetail
mungkin dalam hal ini, agar penjelasan perusahaan jasa dapat terealisasi,
sekaligus dipertimbangkan untuk digunakan menyampaikan pesan di dalam
perencanaan media.
Penerapannya dapat dilakukan dengan melakukan
kegiatan workshop ataupun yang saya
jabarkan diatas. Suatu strategi media yang baik harus menyatakan bagaimana
media dapat membantu menciptakan suatu pengalaman merek (brand experience) bagi
konsumen dan calon konsumen. Memang saat ini Perusahaan Kimit Production masih
umur yang terbilang muda di kalangan kota Medan, namun dangan uasah dan kerja
kerja membuat karya-karya baru perusahaan jasa dokumentasi bisa berkembang
dengan cepat dibanding kompetitor lainnya. kuncinya adalah kenali segmentasi target
pemasaran kita dan ketahui jalur komunikasi apa yang paling tepat untuk setiap
konsumen.
Sekian dan
Terima kasih J
Komentar
Posting Komentar