MENGEMBANGKAN MERK PRODUK JASA
Description: D:\Studio Editor\Studio Kimit Production\Logo Kimit\1.Font kimit normal.png



Oleh :
RIZKI MITRA HAMDANI
130904029




DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2016


MEGEMBANGKAN MERK PRODUK JASA
MERK
KIMIT PRODUCTION
TAGLINE :
“SIMPLE IS THE BEST”
          LATAR BELAKANG
Perusahaan ini bergerak di bidang jasa dikelola oleh sekelompok anak muda penuh gairah fotografer, videografer, desainer, editor, dan penata – bekerja sama untuk menciptakan karya yang indah. Kimit rumah produksi inspirasi yang di nyalakan oleh gairah, didorong oleh tawa, ditantang oleh kreativitas. Bagaimana kami membuat sebuah momen yang membuat semua penuh kebahagiaan. Inilah rumah kami.
Kami sedang jatuh cinta dengan sebuah moment kepada klien dengan saling berhubungan konstan dalam kehidupan. Kami mencintai warna-warna berani, kreativitas, produktif dalam bidang seni, dan membuat orang-orang bahagia. Dan dengan tim ini kami menemukan keluarga baru yang menuju profesionali yang menyentuh kehidupan kita secara pribadi. Dimana mendorong motivasi bermitra dengan klien yang menghasilkan dokumentasi penuh inspirasi dan kebahagian dalam diri. Rumah kami sederhana yang selalu memberikan hasil terbaik seperti merasa di rumah sendiri. “Simple is the best”

IDENTITAS
Nama KIMIT adalah singkatan dari nama Foundernya, Rizki Mitra Hamdani. Ia mulai memproduksi sebuah hasil karya dokumentasi foto dan video sejak 15 Mei 2015 bertepatan di hari ulang tahunnya. Dengan dibantu oleh saudara dan teman-temannya ia berkomitmen dimasa yang akan datang dapat bekerja sama dengan sebuah lembaga Production House pembuatan film atau iklan di Indonesia. Dengan Tagline “Simple Is The Best” (yang sederhana itu yang terbaik). Kimit Production akan memberikan yang terbaik dengan client dengan keserdehanaan yang dimiliki olehnya.
PENERAPAN IDENTITAS
            Sebuah identitas ditampilkan dengan kosisten akan memberikan gambaran pada publik bahwa entitas tersebut konsenkuensi dan profesional. Penerapan identitas pada berbagai media didasarkan pada faktornya. Media media apa saja yang dibutuhkan, sangat tergantung dari bidang usahanya. Dalam merek ini KIMIT Production  menggunakan berbagai media, (cetak, elektronik,dan online) diantaranya :

·       Membuat buku kecil sebagai pedoman atau profil perusahaan dikenal dengan Booklet
·       Administratif seperti : Kartu nama, kertas surat, amplop, kwitansi, Notepad’s/ Memo’s, Binder , Label atau Stikerdan Tanda Pengenal (Name tage)
·       Marketing dalam bentuk : company profile , brosur, e-mail,  katalog produk, poster, banner, iklan koran, Iklan TV, radio, slide presentasi,  video presentasi.
·       Website : Internet, Intranet, dan Extranet
·       Human & Internal : Newsletter, News Release, dsb.

Description: D:\kimit makna logo.png







MAKNA LOGO
Makna Logo KIMIT Production menggunakan letter mark/typographic logo  (elemen tulisan). KIMIT Production memiliki nama yg sudah baik, unik, dan berbeda. Ingin membuat orang lebih Fokus pada namanya saja. Logo ini nantinya akan bergerak di bidang jasa (Dokumentasi Foto, Video, dan memiliki rumah produksi entertaiment)
·       Logo menggunakan Tulisan “Font Normal”  ysng mudah dibaca dan sederhana.
·       Warna  Biru : Produktif, harmoni, damai, percaya, bersih, bijaksana dan kuat dalam mengembagkan produk
·       Makna Warna Orange : keseimbangan, antusiasme, dan kesenangan
·       Logogram “M” pada Kimit menandakan menjalin kemitraan dalam sebuah perusahaan lainnya (menyerupai orang sedang bersalaman)
·       Picture mark Titik[.] menggambarkan Objek ilustrasi dua pemimpin  yang sedang bersalaman menjalin kerjasama dengan siapa saja.



SEGMENTASI DAN PRIORITAS KHALAYAK DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK
              Dalam mengembangkan produk, KIMIT Production melakukan Segmentasi kepada Klien dengan dibagi 3 segmentasi yakni :
Segmentasi primer               : Mencakup wilayah yang ditujukan kepada Masyarakat segala umur, dari masyarakat muda sampai tua, baik dalam acara dokumentasi pernikahan, ulang tahun, seminar, mengadakan pertunjukan seni
Segmentasi sekunder            : Pasar utama di Kota Medan dengan kontribusi 80 % untuk masyarakat Medan. Yang dibagi menjadi 21 Kecamatan, yakni Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Amplas, Medan Denai, Medan Area, Medan Kota, Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Baru, Medan Selayang, Medan Sunggal, Medan Helvetia,  Medan Petisah, Medan Barat, Medan Timur, Medan Perjuangan, Medan Tembung, Medan Deli, Medan Labuhan, Medan Marelan, Medan Belawan. Selebihnya 20% mengembangkan Produk 5 kota besar di luar Kota Medan.
Segmentasi tersier                : Seluruh Wilayah Kota Medan
Pembuat Kebijakan             : Dokumentasi menempati di tengah-tengah bagi majunya suatu peradaban dan suatu wilayah. Dokumentasi bisa dilakukan oleh individu, organisasi, maupun negara.Melakukan dokumentasi semata tidak lantas membuat sebuah wilayah dan bangsa menjadi maju peradabannya. Dokumentasi harus diikuti oleh langkah selanjutnya, yaitu membaca, melihat, memaknai, dan menciptakan karya baru dalam bentuk foto dan video.
Secara demografis
dari  khalayak  sasaran        : Jenis kelamin                       : wanita
Usia                             : 05-40 thn
Pendapatan   pribadi   : -
Pendapat  rumah tangga : Golongan A, B, dan C
Pekerjaan                    : Umum (generalisasi)
Pendidikan                  : -
Turunan/suku              : Semua Suku


KEUNGGULAN JASA, WAKTU DAN JENIS  KAMPANYE / PERIODE BERIKLAN
*     Memperkenalkan materi baru dan mempertahankan keberadaannya sepanjang tahun
*        Biaya mulai harga dari Rp.  350.000,00 – 15.000.000,00 lebih terjangkau dibanding kompetitor lainnya.
*      Perpusat di Kota Medan dan akan berencana membuka cabang  5  Ibukota besar di Indonesia
*        Mengadakan Workshop Videografi dan Fotografi 3 bulan sekali di Kota Medan dan  tersebar sepanjang tahun
*        Mengadakan Kompetisi Perlombaan Film Nasional mencakup peserta di Indonesia khususnya
*     Menerima acara kecil sampai acara resmi dan besar untuk didokumentasikan
*        Juga menyediakan kelas khusus akan cinta nya dunia seni videografi maupun fotografi bagi segala kalangan umur secara intensif.

PERINCIAN BIAYA
              Dalam mengembangkan produk jasa, KIMIT Production melakukan penawaran harga kepada klien dengan 4 kategori sebagai berikuti :
NO.
KATEGORI
BIAYA
1.    
Acara dokumentasi bayi (Nabalan, khitanan,dsb)
Rp. 400.000 – Rp. 1.500.000
2.    
Acara Keluarga
Rp. 600.000 – Rp. 3.500.000
3.    
Acara Perayaan Hari Ulang Tahun
Rp. 500.000 – Rp. 2.000.000
4.    
Dokumentasi Video Kreatif Stop Motion
Rp. 200.000 – Rp. 2.500.000
5.
Dokumentasi Pre Wedding
Rp. 1.000.000 – Rp. 10.000.000
*Dalam hari besar dan hari ulang tahun harga dapat turun dan berubah sewaktu-waktu



PENERAPAN DALAM STRATEGY (MEDIA BRIEF)

A.   SOFT SELLING STRATEGY
·       Upaya peningkatan penjualan dengan bentuk-bentuk penyampai pesan-pesan yang emosial. KIMIT Production membuat strategi menciptakan respon berdasarkan pada perilaku, mood, impian, perasaan dan daya tarik emosional. Seperti mempersantekan dalam bentuk  Advertising/advertorial.
·       Membuat  Media Sosial dengan mengikuti perkembangan zaman modern. Media sosial yang dimaksud  ialah Instagram, Line, Whatsapp, BBM (Blacberry Massager, Blogger, Website, maupun Facebook)
·       Menulis Advertorial di berbagai media, yakni media cetak : Koran dan majalah, spanduk/baliho yang memberikan pesan menarik dan menjadi pusat perhatian masyarakat.
·       Membuat iklan TV dan iklan Radio, yang tujuannya mengingatkan dan memperkenalkan akan produk jasa dokumentasi KIMIT Production. Sehingga pesan yang disampaikan diharapkan dapat menyentuh emosional pemirsa yang gilirannya akan berdampak pada pembelian.
·       Membuat flyer, memasang baliho di tempat umum stategi selanjutnya yang dilakukan KIMIT Production guna menarik perhatian banyak orang.

B.   HARD  SELLING STRATEGY
·       SALES PROMOTION
            Untuk lebih menarik perhatian minat konsumen untuk menerima produk jasa KIMIT Production memberikan sales promotion. Sales promotion jika dalam periode selama 1 tahun saat ulang tahun Kimit Production memberikan diskon harga 50 % dari harga sebelumnya. Ditambah klien dibebaskan membuat konsep sendiri , selain itu gratis mengikuti Workshop Pelatihan Videographer Fotographer yang diadakan KIMIT Production.

·       PERSONAL SELLING
Personal Selling merupakan bagian dari kegiatan promosi dengan cara memperkenalkan dan manarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan secara bertatap muka. Tidak hanya dipromosikan diberbagai media sosial. Namun KIMIT Production juga dipasarkan secara personal selling. Bentuk personal selling yang dilakukan ialah membuka pelatihan belajar fotografi dan videogafi, bazar dibidang seni perfilman. Mengadakan ajang kompetisi akan cinta terhadap dunia fotogafi maupun videogafi, sehingga menarik perhatian kepada masyarakat guna mengembangkan perusahaan jasa KIMIT Production

C.   PUBLISITAS
Membuat citra yang baik dari produk sehingga produk mendapatkan Brand Image yang baik di masyarakat ataupun konsumen  serta terus berinovasi dalam meluncurkan produk-produk karya menggugah konsuen untuk enerima jasa kami sesuai trend yang sedang berlangsung agar tidak ketinggalan zaman, tetapi tetap mengangkat ciri khas produk yang bertemakan “ INDONESIA”. Serta berkaitan dengan tagline perushaan “Simple is the best”.
D.   INTERNET
Internet merupakan bentuk strategi promosi yang efektif , karna internet dapat diakses dengan mudah. Internet juga dapat membantu penjualan produk dengan mudah  dengan cara :
a.      Membuat akun Media Social , seperti Instagram, Website, Facebook dan Line untuk menyampaikan informasi kepada konsumen tentang produk tanpa mengharuskan konsumen datang langsung ke perusahaan Kimit Production
b.     Melakukan Endorsment atau Testimonial dari para konsumen yang sudah menggunakan produk jasa kami dan juga sebagai bahan perbandingan kepuasan karya kami dengan hasil karyaa lainnya,sehingga calon konsumen memutuskan untuk menerima kami sebagai konsumen mereka.

E.   BILLBOARD
Bilboard akan dipasang di Jln. Jamin Ginting sp. Selayang, Jln. Mongonsidi, serta Jln. Iskandar Muda. Sesuai dengan segmentasi perusahaan Kimit Production yaitu mulai dari anak remaja, dewasa dan sebagainya.

F.   RADIO
Iklan diradio serta melakukan talkshow dengan beberapa radio,seperti VISIfm, Star FM, Sonya Radio, iradio ataupun radio-radio yang ada dikota medan yang memiliki pendengar yg banyak.
Ini salah satu contoh script yang sudah dibuat oleh Kimit Production :
Naskah Dialog
Cewek : duuh, bentar lagi adik aku mau ulang tahun ke 17 tahun, , bingung nih mau buat acara apa, mau mencari moment yang bagus nih .
Cowok : gak usah bingung, aku ada teman nih yang bisa mengabadikan acara adik kamu biar seru dan hasil dokumentasinya bagus.
Cewek : emang masih ada yang begituan ?
Cowok : ya ada lah, dia terkenal juga looh di medan, KIMIT Production namanya, ahli di bidang nya dokumentasi foto dan video. Dari kita konsepnya dan dari mereka juga bisaa.
Cewek : oh iyaa,. Yang bener niih ?
Cowok : iya.. bener. KIMIT Production dikelolah sekelompok anak muda tuuh,  yang suka  fotografer, videografer, desainer, dan editor. Meskipun mereka terbilang masih muda, karya-karya dokumentasinya dikenal seluruh medan looh.
Cewek : kalau begitu aku mau dong didokumentasi oleh mereka.
Cowok : Alamatnya gak jauh juga kok. Rumah produksi mereka di Jln. Abdul Hakim Blok
B-9. Medan Selayang, Sumatera Utara
Cewek : kalau begitu kita kesana langsung yuuk..
(Sound Effect)
Narator : Perusahaan Jasa KIMIT Production // dikelolah oleh sekelompok anak muda / yang
penuh gairah dalam bidang fotografer, / videografer,/ desainer,. editor, dan penata kerja lainnya. / untuk menciptakan karya yang indah. / Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun / dan didukung oleh tenaga muda energik, / profesional / dan segudang prestasi, / selalu meningkatkan pelayanan terhadap klien // menjadi sebuah dokumentasi yang selalu diingat setiap saat. /// KIMIT Production // Simple Is The Best /

Sinopsis :                                                                                            
Iklan ini memiliki keunggulan di bidang perusaahan jasa dokumentasi baik foto, video, desain grafis, maupun kerja dibagian editor lainnya. KIMIT Production sedang booming di pasaran kareana hasil dokumentasi baik dari tanggapan masyarakat dan menarik untuk dilihat. Lebih lagi sekelompok anak muda yang energik, cekatan, kreatif dalam menjalankan tugasnya. Maka dari itu KIMIT Production membuat Program Iklan ini karena sedang hangat dibicarakan masyarakat.






G.   PERTIMBANGAN / BATASAN LAINNYA
            Kimit Production membuat perencanaan / batasan dalam produk agaar nantinya dapat meringankan masalah jika terjadi sesuatu. Yakni sebagai berikut:
*       Perbandingan produk Jasa dokuemantasi merek Jandwee Studio & Kimit Production  adalah 1.2 berbanding 1.0
*       Dalam pasar Perusahaan Jasa Dokumentasi ada 5 termasuk pendatang baru sebanyak 3 perusahaan yakni : Danang Photographer dan Sofsau Studio
*        Menurut data riset, tingkat perkembangan pelayanan jasa dokumentasi acara atau lainnya mencapai 90 % dan untuk pelayanan jasa sendiri mencapai 10 % pertumbuhan. Ini memungkinkan dalam penyediaan pelayanan jasa cukup besar.

KESESUAIAN MEDIA/SALURAN KOMUNIKASI
TAHAPAN PERILAKU KELOMPOK KHALAYAK SASARAN

1.     Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal), seperti kunjungan ke berbagai komunitas pecinta seni, komunitas film, komunitas Fotografi, ataupun ke universitas maupun perusaahaan.
2.     Komunikasi Kelompok, seperti diadakan workshop, festival, pelatihan, diskusi kelompok, pameran, dan rangkaian lomba-lomba berhubungan dengan dunia seni terkhusus videografi dan fotografi.
3.     Media Massa (Poster, Majalah, Baliho/Spanduk, Kalender, Cinderamata, Video Company, pamflet, dan lain-lain)
Text Box: Bagan 2, Kegiatan Hard Selling yakni  Mengadakan Pelatihan Workshop Videografi dan  fotografiDescription: D:\Screenshot_2016-04-10-11-39-02_1.jpgDescription: D:\kimit fooootto.jpg
Berikut upaya yang dilakukan KIMIT  Production dalam mengembangkan usaha :
Bagan 1, Salah Satu kegiatan Softselling KIMIT PRoduction ialah membuat Flyer/ memuat di majalah maupun koran
 
 


Text Box: Bagan 4, Membuat Media Sosial Seperti Instagram tahap kegiatan Soft SellingText Box: Bagian 3, Contoh Memperkenalkan Produk Jasa KIMIT Production yaitu membuat WebsiteDescription: D:\kimittt.jpg

KAREKTERISTIK PERENCANAAN MEDIA UNTUK PROGRAM KOMUNIKASI
Media/Saluran
Kemampuan Utama
Kekurangan Utama
Workshop
(Pelatihan Videografi dan Fotografi)
·       Mudah untuk diselenggarakan.
·       Menjangkau banyak Orang.
·       Pembicara bisa lebih dari satu orang.
·       Menciptakan minat dan kesadaran publik.
·       Menambah Jaringan kerjasama kepada Media
·       Lebih efektif.
·     Kahalayak biasanya bersifat Pasif
·     MC yang tidak kompeten.
·     Audiens pasif

Media/Saluran
Kemampuan Utama
Kekurangan Utama
Media Cetak (Poster, majalah, stiker, dll)
·       Bagus untuk menyajikan informasi teknis secara mendalam.
·       Menjadi referensi yang mudah.
·       Dapat ditujukan khusus untuk khalayak tertentu.
·       Dapat berilustrasi dan menarik perhatian.
·     Biayanya Mahal.
·     Hanya Efektif jika di desain dan diproduksi dengan baik.
·     Menuntut banyak keterampilan.

Media/Saluran
Kemampuan Utama
Kekurangan Utama
Mengadakan Perlombaan-perlombaan Video dan Fotografi
·       Bagus dalam penyajian informasi melalu perlombaan
·       Meningkatkan kreatifitas tiap individual
·       Dapat ditujukan khusus untuk khalayak orang banyak
·       Dapat berilustrasi & menarik perhatian.
·     Biayanya Mahal.
·     Hanya Efektif jika di desain dan diproduksi dengan baik.
·     Properti Bahab tidak mudah dicari
·     Menuntut banyak keterampilan dan Softskill.

Media/Saluran
Kemampuan Utama
Kekurangan Utama
Televisi dan Radio
·       Menarik perhatian dan bisa menjadi pemikat utama untuk masyarakat.
·       Dapat digunakan untuk menjelaskan pesan-pesan yang rumit.
·       Sesuai untuk motivasi dengan memanfaatkan seni.
·     Biayanya operasionalnya mahal.
·     Khalayak tidak berpartisipasi (beda dengan pertemuan langsung.
·     Menuntut persiapan yang lebih, dan keterampilan teknis, kreatif daripada media lain.
Tabel. 1 Karakteristik  Media Untuk Program Komunikasi dalam memasarkan produk Jasa Kimit Production
Dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan Perencanaan Media merupakan istilah dunia Pemasaran marketing dan periklanan. Perencana media mengidentifikasi siapa target konsumen suatu produk. Target audience merupakan siapa yang mau kita ajak komunikasi sesuai dengan tujuan periklanan.  Selain menentukan media yang tepat, maka kita juga harus mempertimbangkan khalayak sasaran yang ingin dijangkau.  Mengingat pada kenyataannya tidak semua orang menginginkan apa yang mereka jual, maka perusahaan-perusahaan bisnis biasanya menentukan segmen khalayak yang paling mungkin tertarik dengan jasa atau produk yang mereka iklankan. Konsep penting  yang pertama-tama harus dipahami adalah konsep demografi dan segmentasi pasar.
Tugas perencana media adalah memilih kendaraan media dan menentukan pasar dengan konsumen yang memiliki sifat atau karakteristik paling sesuai dengan konsumen sasaran.  Semakin besar persamaannya maka akan semakin baik.  Dalam hal ini harus diperhatikan bagaimana audiens suatu media berbeda dengan populasi umum lainnya. Saya membuat sedetail mungkin dalam hal ini, agar penjelasan perusahaan jasa dapat terealisasi, sekaligus dipertimbangkan untuk digunakan menyampaikan pesan di dalam perencanaan media.
Penerapannya dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan workshop ataupun yang saya jabarkan diatas. Suatu strategi media yang baik harus menyatakan bagaimana media dapat membantu menciptakan suatu pengalaman merek (brand experience) bagi konsumen dan calon konsumen. Memang saat ini Perusahaan Kimit Production masih umur yang terbilang muda di kalangan kota Medan, namun dangan uasah dan kerja kerja membuat karya-karya baru perusahaan jasa dokumentasi bisa berkembang dengan cepat dibanding kompetitor lainnya. kuncinya adalah kenali segmentasi target pemasaran kita dan ketahui jalur komunikasi apa yang paling tepat untuk setiap konsumen.

Sekian dan Terima kasih J

Komentar

Postingan Populer