CERDAS DALAM BERINTERNET



Dewasa ini, siapa yang tidak mengenal internet? Dapat kita lihat internet sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari  masyarakat terutama remaja. Tetapi tidak menutup kemungkinan internet juga digunakan oleh kaum awam, bahkan anak Sekolah Dasar sudah lihai dalam menggunakan internet. Dengan adanya internet semua yang kita inginkan dapat kita ketahui ketika kita tersambung ke jaringan internet. 

Perkembangan internet yang sangat pesat, sangat membantu siswa maupun mahasiswa dalam belajar. Sering kali siswa maupun mahasiswa menggantikan buku dengan mencari informasi atau bahan belajar menggunakan internet. Namun inilah perkembangan zaman disaat ini, mau tidak mau kita harus bisa menerimanya. Hanya saja sebagai pengguna kita harus lebih selektif. Penggunaan yang praktis, yang mudah untuk diakses dimanapun dan kapanpun karena dengan handphone genggam, kita sudah bisa mengakses internet dengan sangat cepat. Dengan mudahnya mengakses internet, nyatanya internet digunakan tidak hanya untuk hal-hal positif saja tetapi banyak sekali hal-hal negatif. 
           Pada perkembangan zaman saat ini, banyak sekali kejahatan-kejahatan yang dilakukan melalui internet, karena canggihnya teknologi sekarang ini. Sering kita jumpai penipuan melalui media sosial, bahkan penculikan yang dilakukan di media sosial. Ini semua merupakan contoh penggunaan internet yang tidak sehat dan di katagorikan sebagai peggunaan internet yang negatif. Tidak hanya itu remaja-remaja sekarang juga sangat mudah untuk mengakses film porno yang jelas itu merupakan tontonan yang tidak sehat. Lagi-lagi itu diakibatkan penggunaan internet yang tidak sehat. Bahkan para remaja sekarang sering sekali meng-upload foto-foto yang tidak senono di akun media sosialnya. 
Acap sekali kita menemukan kasus-kasus seperti itu dikalangan remaja, dengan banyaknya masalah yang terjadi, akibat penggunaan internet yang tidak sehat. Namun  Pemerintah tidak hanya diam melihat apa yang terjadi ditengah-tengah masyarakat sekarang ini. Beberapa orang dan bahagian dari pemerintah telah melakukan sosialisasi dan mengedukasi penggunaan internet sehat. Salah satu orang yang terus mengedepankan tentang internet sehat adalah Sylvi Dhea angesti. Gadis yang lahir 20 Juli 1997 ini merupakan Top 15 Miss Internet Indonesia 2017 yang terus menggalakkan tentang internet sehat untuk Indonesia hebat. 
         Ia merupakan mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2016 di Universitas Sumatera Utara yang saat ini menyadang gelar  Top 15 Miss Internet Indonesia 2017.  Pada bulan Januari 2017 yang lalu Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) telah melaksanakan kontes pemilihan Miss Internet Sumatera Utara. APJII sendiri memiliki visi misi  untuk menyampaikan pesan bahwa wanita millenial Indonesia memainkan peranan penting dalam pertumbuhan Industri Internet di tengah-tengah masyarakat dan budaya Indonesia. Selain dituntut untuk berpenampilan menarik, seorang Miss Internet juga harus bisa menjalankan visi misi tersebut guna menyukseskan program pemerintah. 
                                       

        Dhea kini terus fokus melakukan kegiatan-kegiatan sosial untuk menyadarkan para penerus bangsa tentang betapa pentingnya internet sehat. Hal tersebut sejalan dengan tujuan dari ajang modelling tersebut.  “Tidak dapat dipungkiri bahwa internet memiliki berbagai dampak positif yang berguna sebagai pendukung pendidikan anak-anak saat ini. Mereka dapat memenuhi akan keingintahuan mereka dengan membuka bahan bacaan, penelitian dan referensi serta lainnya” tutur Dhea.
“Tapi, seharusnya berinternet sehat adalah ketika seseorang dapat memanfaatkan teknologi internet secara bijak dan disesuaikan dengan kebutuhan serta selalu waspada saat melalukan aktifitas berinternet tersebut. Selain itu dalam penggunaanya harus disertai oleh pendampingan orang tua dan masyarakat” tambahnya.


Komentar

Postingan Populer